Consumer Insight via Ethnography - buku dari Mas Heri

Ethnography adalah sebuah tekhnik riset untuk mencari insights sampai ke akarnya. Dalam buku ini dikatakan bahwa, tekhnik riset ini depruntukkan untuk menjawab pertanyaan “why do people do what they do”, cara untuk mendapatkan datanya tidak hanya dari testimonial responden tapi bias juga ditambah dalam bentuk aktivitas, foto serta produk yang digunakan.

Tekhnik riset ethnography digunakan karena pengalaman konsumen untuk mendapatkan consumer insights jarang bias diperoleh dari riset metode survey. Tugas ethnographer dalam konteks marketing adalah untuk membantu sebuah bisnis untuk mengetahui dinamika konsumen dengan produk dalam kehidupan sehari hari. Untuk melihat lebih dekat lagi pengalaman konsumen dengan produk yang digunakan.

Studi ethnography juga melakukan pendekatan kepadan influencer atau orang orang yang mempengaruhi terciptanya penjualan. Dalam melakukan studi ini, kita harus bisa memetakan siapa siapa saja yang berhubungan dengan proses keputusan pembelian.

Hal penting yang harus diperhatikan oleh ethnographer adalah, bahwa mereka dituntut untuk dapat menerjemahkan costumer needs-beyond their needs. Karena seringkali ditemukan bahwa konsumen tidak selalu tahu apa yang dia mau.

Blue ocean strategy ; value innovation. Pada blue ocean strategy yang dibidik bukanlah peluang yang ada di pasar yang sudah ada, melainkan mencari ruang baru untuk mengembangkan value yang diinovasi tersebut. Dalam strategi ini juga menganut paham cost reduction.

Untuk menciptakan blue ocean strategy, perusahaan harus merubah kurva brandnya. Caranya dengan merekonstruksi nilai/benefit yang ada. Untuk merekonstruksi nilai dibutuhkan four action framework:

1. Eliminate – buang nilai yang tidak perlu, yang membebani biaya produksi tetapi bernilai rendah di mata konsumen

2. Reduce – kurang kadar nilai yang masih dibutuhkan tetapi tidak wajib ditawarkan dalam intensitas setinggi biasa

3. Raise – tingkatkan standar nilai yang sebelumnya tidak mendapat perhatian dari industry, agar mencolok dan berbeda dari standar kategori

4. Create – ciptakan nilai baru yang inovatf yang belum ditawarkan ke industry. (buatlah sesuatu yang inovatif sampai konsumen sendiri tidak terpikir bahwa mereka membutuhkannya)

Tekhnik Ethnography

· Observation – menjadi saksi pada apa yang diamati secara langsung

· Participatory Observation – Ethnographer ikut bersama dalam melakukan kegiatan responden yang ditelitinya

· Non-parcipatory Observation – Ethnographer hanya memperhatikan dan mencatat apa yang terjadi di hadapannya

· Unstructured Interview – wawancara yang bisa dilakukan sambil melihat perkembangan yang terjadi di lapangan secara langsung

· Contextual In-depth Interview – pertanyaan yang diajukan bersifat sangat terbuka dan dilakukan di setting aslinya, di mana konsumen sedsng berada di kesehariannya

· Shadowing/Day-in-the-Life – ethnographer meluangkan waktunya untuk tinggal bersama konsumennya dalam jangka waktu yang panjang untuk lebih memperoleh gambaran secara langsung seperti apa perilaku konsumen dan memperoleh jawaban dari latar belakang perilaku tersebut

· Usability Interview – gabungan antara observasi langsung dan wawancara untuk melihat proses pemkaian produk

· Story Telling – menceritakan sebuah peristiwa dengan bahasa konsumen sendir

· Netnography – Studi ethnography yang pengumpulan datanya didapatkan melalui internet

· Creative Focus Group (CFG) – setting diusahakan senatural mungkin

· Subject Diaries – Responden dibekali buku harian untuk mencatat segala kegiatannya terutama yang berkaitan dengan produk

· Activity Session – eksplorasi pengalaman yang dibagi menjadi berbagai sesi menurut pihak pihak yang berkaitan dengan produk

udah kaya tugas kuliah kan, padahal tulisan ini saya buat ringkasannya saat saya lagi magang heheh
enjoy,anti

posted under |

1 komentar:

Anonim mengatakan...

1xbet korean betting rules 2021 - The official Betting
We do not accept bets from non-gamblers, as the name suggests, and are not liable to any losses arising from illegal bets 1xbet apk placed.

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Followers


Recent Comments